04
Aug
10

Senyuman Flight Attendance

Apa arti sebuah senyuman? Apakah tiap orang harus senyum jika bertemu orang lain? Ya jawabannya jika anda sedang melakukan atau sedang dalam bisnis jasa. Sebenarnya tanpa anda terjun atau dalam bisnis jasa pun,sebuah senyuman harus terus menghiasi wajah anda tiap hari. Saya ingin sharing tentang bagaimana sebuah senyuman bisa berarti sangat besar dalam kelangsungan bisnis atau pekerjaan anda. Setahun lebih ini saya bersekolah di buleleng Bali utara,walhasil saya pun terus menerus bolak-balik Denpasar-Jakarta. Pernah 2 kali saya mencoba untuk menggunakan jasa penerbangan airlines ber-ikon singa udara. Karena sekolah saya selesai jam 4 sore,dan buleleng-Denpasar mempunyai waktu tempuh 4-5jam. Maka tak heran jika saya selalu menggunakan flight terakhir atau malam. Malam itu saya menggunakan flight terakhir jam 10malam.

Ada yang menarik dalam penerbangan itu,sesaat saya masuk pesawat,tidak ada yang menyambut kedatangan saya dan penumpang lainnya. Itu pun terjadi saat saya maukeluar pintu sesampainya di Jakarta. Flight attendance nya pun cuma berdiri melipat tangan dan bengong. Bukannya saya merasa ingin diperlakukan spesial,namun yang saya pikirkan adalah penerbangan airlines ini bergerak di bidang jasa. Ukuran bisnis dibidang jasa adalah bukannya “barang”. Namun ukuran dari sebuah bisnis jasa adalah satisfactor dari pelanggan. Saya sadar,mungkin karena penerbangan terakhir,mereka pun sudah lelah. Tapi itu juga tidak bisa menjadikan alasan kuat.

Sebuah senyuman dan ucapan terima kasih memang sangat kecil,tapi jika dilihat lebih dalam lagi. Sebuah senyuman dan ucapan terima kasih dapat membuat pelanggan senang dan merasa dihargai. Berbeda sekali jika anda menggunakan penerbangan ber-ikon burung. Sesaat anda masuk pesawat,flight attendance sudah berdiri dan senyum berkata selamat datang. Begitu pula jika anda keluar pesawat,mereka pun senyum dan memberi ucapan terima kasih. So,tidak peduli harga tiket atau karena sudah malam. Saran saya jika anda bekerja dibidang jasa,senyuman dan ucapan terima kasih sangatlah besar manfaat nya. Toh anda tidak perlu mengeluarkan dana yang besar bukan untuk membuat pelanggan senang,hanya sebuah senyuman.

Advertisements

0 Responses to “Senyuman Flight Attendance”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


August 2010
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Top Rated

Top Rated

Blog Stats

  • 117,330 hits
Advertisements

%d bloggers like this: