27
Sep
10

Argo Parahyangan

Hari sabtu kemarin sahabat karib saya melangsung kan pernikahan,dengan mengambil tempat di gedung siliwangi, Cimahi. Dan hari itu bertepatan pula dengan Airshow yang ada di Bandar udara Husein sastranegara. Karena hari itu saya juga belum mendapatkan schedule,maka saya dan teman-teman berniat janjian untuk bertemu di Bandung. Sebenarnya untuk transportasi Jakarta-Bandung dewasa ini tidaklah begitu sulit seperti jaman dulu. Karena sekarang,sudah ada begitu banyak travel yang melayani jalur Jakarta-Bandung. Sebut saja,cipaganti tour,Xtrans, Daily trans dsb. Namun,saya belum pernah sama sekali mencoba untuk ke Bandung dengan menggunakan kereta. Dan yup,hari itu saya sudah bulat tekad untuk mencoba ke Bandung menggunakan jasa kereta.

Layanan kereta untuk jalur Jakarta-Bandung disediakan oleh Argo parahyangan. Kereta yang dahulu nya merupakan gabungan antara KA Argo Gede dan KA Parahyangan diresmikan oleh PT. KA Daop II Bandung pada tanggal 27 April 2010. Sebelum digabung KA parahyangan ini hanya melayani kelas ekonomi untuk jalur Jakarta-Bandung. Namun karena jumlah penumpang terus menurun pasca dibangunnya tol Cipularang,maka tidak ada pilihan lain selain menggabungkan dengan KA Argo Gede yang dahulu nya melayani kelas eksekutif untuk jalur Jakarta-Bandung. KA Argo Parahyangan menyediakan 6 gerbong (yang akan ditambah jika quota penumpang meningkat). Frekuensi perjalanan Argo Parahyangan 7 kali pada hari biasa dan 8 kali pada akhir pekan dan libur.

Untuk naik Argo parahyangan,anda harus melalui statiun Gambir. Kereta KA Argo Parahyangan ini mempunyai tarif Rp 65.000 untuk kelas eksekutif dan Rp.55.000 untuk kelas bisnis. Perbedaanya adalah,jika kelas eksekutif dilengkapi dengan pendingin (AC) dan kelas bisnis anda hanya mendapatkan kipas angin. Untuk layanan diluar dari harga tiket,anda bisa mencicipi makanan yang disediakan oleh kereta KA Argo Parahyangan. Kali itu saya mencicipi beef steak ala KA Argo Parahyangan. Cukup Rp. 25.000 saja,yang berisi daging,telor ceplok,kentang dan sayuran. Anda juga bisa memesan nasi goreng dengan harga Rp. 16.000 dan jg nasi rames dengan harga Rp. 17.000. Dan jangan lupa untuk membeli minuman segar untuk makan anda. Perjalanan via pegunungan priangan bagian barat ditempuh dengan waktu rata-rata 3 jam 15 menit.

Advertisements

0 Responses to “Argo Parahyangan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


September 2010
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Top Rated

Top Rated

Blog Stats

  • 116,817 hits
Advertisements

%d bloggers like this: