28
Oct
10

Simulator Boeing 737-Classic

Dimulai dari tanggal 27 Oktober 2010 dini hari (00.00wib) saya bersama pasangan tandem saya Nanette vega mengikuti simulator untuk Boeing Classic di GITC (Garuda Training Center). Selama kurang lebih 6 jam bersama instruktur Capt. Agus pramono (chief boeing NG) kami simulator untuk automasi pesawat. Automasi pesawat adalah cara menerbangkan pesawat dengan berbantu komputerisasi,untuk meminimalisasi workload dari penerbang. Untuk itu diperlukan flight plan yang sempurna. Dimulai dari pesawat masih di ground (darat),maka kita mulai mengisi CDU (computer database unit) dengan airfield dimana kita berada diteruskan dengan airfield tujuan, waypoint, weight, altitude, sampai berapa banyak kita membawa fuel dalam pesawat. Dengan sendirinya pesawat akan mengikuti sesuai waypoint yang dimasukan CDU tersebut.

Untuk memudahkan pilot,pesawat juga dilengkapi MCP (mode control panel) dimana control panel ini,memudahkan pilot untuk mengganti heading pesawat,merubah altitude dan mesetting trhottle tanpa menggunakan control colom selama berada di atas. MCP ini berada pada dashboard dari pesawat atau berada di depan persis pilot sehingga memudahkan pilot untuk pengoperasiannya. MCP dan data flight di CDU (yang kita masukan pada saat di ground) harus sinkron. Dalam artian perintah MCP dapat mengkover data di CDU dalam hal heading,altitude,speed. Begitu pula CDU dapat juga mengkover perintah MCP. Keduanya bekerja saling berkolerasi karena itu pilot seharusnya lebih sering memonitoring dan sinkronisasi antara CDU dan MCP.

Dimulai dengan pelajaran mengisi FMS di CDU,penerbangan simulasi dari surabaya menuju cengkareng. Dalam hal ini Capt. Agus duduk disebelah kanan,saya dan vega bergantian duduk disebelah kiri. Dalam cruising ke cengkareng,kami diharuskan mensetting altitude,speed,heading dengan menggunakan MCP. Kami pun juga diharuskan untuk belajar memaintain pesawat secara manual dengan bantuan flight director. Flight director ini yang membantu pilot untuk maintain pesawat secara manual. Tidak lupa Capt. Agus meminta kita untuk melakukan steep turn. Hal yang tidak biasa bukan untuk pesawat boeing steep turn 45 degree. Akhirnya jam 05.00wib tanggal 28Oktober 2010 saya dan vega telah menyelesaikan simulator boeing classic. Selanjutnya belajar non-type.

Advertisements

2 Responses to “Simulator Boeing 737-Classic”


  1. 1 Yohanes
    July 22, 2011 at 2:32 pm

    CDU: Computer Display Unit

  2. 2 Yohanes
    July 22, 2011 at 2:35 pm

    Oh maaf, koreksi dari yang saya tulis.

    CDU ternyata Control Display Unit.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


October 2010
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Top Rated

Top Rated

Blog Stats

  • 108,651 hits
Advertisements

%d bloggers like this: