29
Nov
10

Teori bola salju

Seorang teman bertanya kepada saya “Bagaimana ya do,supaya duit gajian bisa beli sesuatu?” Tidak heran karena tiap gajian teman saya ini selalu habis perbulannya tanpa ada sisa. Dan selalu berharap cepat datangnya tgl 27. Ironis memang masalahnya yang namanya uang. Tapi ada satu hal terpenting untuk soal uang yang tidak pernah diperhatikan oleh orang banyak. Kebanyakan kita selalu beranggapan bahwa solusi dari masalah keuangan mereka adalah “banyak uang”. Mereka beranggapan jika mereka banyak uang maka masalah mereka terselesaikan.

Saya punya teman,atau bos teman saya tepatnya yang punya pendapatan 60juta/bulan. Angka nominal yang besar bukan? Tapi herannya,beliau malah terlilit utang kartu kredit. Logikanya dengan income sebesar itu seharusnya masalah keuangan sudah terselesaikan bukan? Nyata nya tidak. Tapi ada teman saya yang mendapatkan gaji 5juta/bulan tapi bisa memiliki usaha sampingan dengan penghasilan 1-2juta/bulan. Jadi bisa disimpulkan bahwa “Size doesn’t matter” ๐Ÿ˜€ maksudnya adalah bukan berapa besar penghasilan anda melainkan bagaimana anda manage uang tersebut.

Dalam buku “richman in babylon” ditulis bagaimana cara orang-orang babylon jaman dahulu menjadi kaya raya. Yaitu dengan menyisihkan penghasilan anda sebesar 10% untuk dtabung (tabungan khusus yang tidak bercampur dengan expens anda). Sekarang pun ada tabungan bank yang khusus untuk langsung mendebet uang anda dari rekening yang nantinya akan disimpan dengan jangka waktu tertentu. Seperti di bank mandiri,dengan program TRM nya. Anda nantinya dimintai berapa kiranya nominal yang mau dipotong dari rekening anda beserta jangka waktu nya.

“Trus,berkembang uangnya gimana do?” Teman saya menyambung pertanyaan pertamanya di atas. Memang setelah kita menyisihkan 10% dari penghasilan itu kita mempunyai sejumlah uang yang hasil nya cukup lumayan. Untuk catatan anda,bahwa uang tersebut jangan sekali-kali anda gunakan untuk belanja atau apapun. Tugas dari uang ini adalah untuk diputar ke alat investasi lainnya. Contoh yang paling gampang adalah emas batangan atau saham. Kita ambil contoh emas batangan,harga emas batangan memang sedikit demi sedikit terus naik,walau kadang turun namun tidak terlalu signifikan. Harga per 10gram emas batangan sekitar 3-4juta (untuk saat ini).

Bisa anda bayangkan jika pertahunnya anda bisa mengkoleksi 1batang (10gram emas) per tahunnya. Pada saat harga mulai naik anda bisa menjualnya dan uang tersebut bisa anda gunakan kembali untuk alat investasi lainnya. Contohnya saham atau franchise murah. Itulah yang dinamakan teori bola salju. Pertama-tama anda hanya menyisihkan 200rb-300rn perbulan,tapi berjalannya waktu anda dapat bebas memilih investasi dari uang hasil 10% yang anda sisihkan tiap bulannya.

Ingat seperti kata warren buffet “Investasi tidak pernah bergairah,investasi bersifat lambat dan cenderung membosankan” mungkin itu yang ingin disampaikan buffet bahwa keajaiban kedelapan dunia adalah bunga berbunga. Jika anda sudah mengerti sekarang lah saat nya untuk menyisihkan sebesar 10% dari penghasilan anda untuk nantinya anda masukan kedalam alat investasi pilihan anda. Selamat mencoba! ๐Ÿ˜€

Advertisements

0 Responses to “Teori bola salju”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


November 2010
M T W T F S S
« Oct   Dec »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Top Rated

Top Rated

Blog Stats

  • 117,330 hits
Advertisements

%d bloggers like this: