07
Dec
10

Crew Resources Management

Dari tanggal 1-5 desember 2010,kita para ab-intio garuda batch 6 NG di “kirim” puncak guna menjalankan program Crew Resources Mangement atau sering disebut CRM. Bertempat di Puncak Pass Resort,kami dibagi 2orang per 1kamar. Saya sekamar dengan rekan saya Galih. Untuk tempat dan kamar memang sangat apik,mungkin karena telah terbiasa oleh udara Jakarta yang sumpek dan panas,maka disini lebih terasa dingin dan sejuk. Untuk kamarnya,terdapat 1 perapian yang bisa kita gunakan untuk menghangatkan badan.

Kebetulan kita sudah berada disana pada tanggal 31 november sore hari untuk persiapan kelas yang diadakan tanggal 1 desember nya. Maka kita bisa istirahat dan bersenang-senang terlebih dahulu. Tapi emang karena kelakuan dari abi tenyom sudah tidak bisa terkendali lagi maka oman hanoman lah yang menjadi sasaran kebinatangannya.

Dan untuk tanggal 31 november memang sangat bertepatan dengan ulang tahun teman kita cyril wenas,maka sebelum masuk kelas dan menjaga behavior kita didepan para captain. Maka hari itu kesempatan kita untuk memberikan “ucapan” ala buleleng. Yang biasa dikenal dengan sebutan nyonyo. Kita lucuti bajunya,kita olesin badannya dengan balsem sampai daerah-daerah “untouchable” hehehe. Setelah itu baru kita kasih kado spesial. Kado nya apa? mohon langsung tanyakan ama yang bersangkutan

Dimulai dengan hari pertama tentang humand factor,disini dibahas bahwa segala macam accident atau incident tidak pernah lepas dari kesalahan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. Digambarkan pula faktor-faktor apa yang mempengaruhinya. Tidak lupa belajar tentang 5 elemen CRM yaitu: inquiry-advocacy-conflict resolution-decision makin-critique.

Selesai nya kelas dihidang kan dengan makanan enak bak hotel bintang 5 pula,namun ada satu moment dimana dessert untuk makan malamnya sangat luar biasa 😀 yaitu poffertjes. kue luar biasa enaknya dibubuhi oleh gula putih lembut (Nyam …. )

Untuk kamar kami dibagi menjadi beberapa kamar,yang berbeda pula type kamarnya. Ada yang mempunyai fasilitas perapian ada juga yang memiliki view yang lebih bagus dibanding kamar yang lain. Berikut foto yang menunjukan betapa nyamannya sebuah kamar ini. (GORI sedang tidur sampai nga-nga mulutnya)

Untuk materi hari berikutnya sama halnya seperti hari pertama,kami bermain sebuah permainan disambung dengan materi komunikasi,teamwork. Hari ketiga materi berupa situational awareness,conflict resolution. Hari keempat materi problem solving dan decision making dan critique.

Dan sampai lah di penghujung hari dan minggu,hari kelima ditutup oleh Threat and Error management dan post test. Untuk malam minggu disisipi oleh nobar Indonesia vs Laos yang hasil akhir membuktikan bahwa Indonesia bisa unggul atas Laos dengan skor 5-1. Untuk hasil akhir belajar CRM mempunyai intinya agar supaya kita diharapkan menjadi seorang aviator yang assertive yaitu sikap dimana mensupport rekan kerja kita tidak peduli apapun rank kita.

Advertisements

0 Responses to “Crew Resources Management”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


December 2010
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Top Rated

Top Rated

Blog Stats

  • 114,967 hits
Advertisements

%d bloggers like this: