17
Mar
11

Cabin pressurization

Pernah kah anda bertanya mengapa jika anda naik pesawat dan terbang 20.000kaki diatas permukaan laut bahkan lebih,anda masih bisa nyaman untuk bernafas dan tidak mengalami hypoxia ?? Kalau mengingat pelajaran fisika pada saat SD mungkin anda sudah mengetahui bahwa peningkatan ketinggian dari permukaan laut maka tekanan udara makin kecil dan udara (O2) makin menipis.

Batas manusi untuk bisa bernafas secara normal adalah adalah 10.000kaki diatas permukaan laut,lebih dari ketinggian tersebut maka manusia bisa mengalami hypoxia dan gangguan dalam lainnya. Karena udara (O2) tipis maka otak pun kekurangan supply darah mengakibatkan tidak bisa berpikir cepat (lemot :D) bahkan bisa pingsan. Lah trus bagaimana kita bisa aman-aman saja pada saat naik pesawat??

Untuk pesawat boeing 737-800NG,pesawat ini dilengkapi oleh pengaturan tekanan di dalam cabin agar penumpang merasa nyaman walaupun pesawat ini mampu terbang optimal sampai ketinggian 41.000kaki diatas permukaan laut. Alat untuk mengontrol tekanan dalam cabin pesawat adalah Auto valve termasuk outflow and pressure relief valve.

Konsepnya begini,struktur pesawat sebenarnya tidak statis begitu saja. Struktur pesawat seperti “bernafas” dari mulai didarat/ground sampai terbang ribuan kaki diatas permukaan laut. Pada saat tekanan didalam sama dengan diluar (didarat/ground) maka tidak masalah,seiring bertambahnya ketinggian maka auto valve ini menutup katup sehingga tekanan dalam cabin bisa terjaga atau dengan kata lain tekanan di dalam cabin pesawat lebih besar daripada tekanan diluar pesawat.

Karena itu struktur dari pesawat juga dibuat sedikit lentur tidak getas,ini dimaksud agar apabila tekanan dalam pesawat lebih besar daripada tekanan diluar,struktur pesawat bisa merenggang sedikit untuk menahan tekanan dalam cabin tidak bocor. Lalu bagaimana cara memantau apakah tekanan didalam cabin pesawat lebih besar?? Didalam cockpit,pilot harus terus memonitoring tekanan dalam cabin agar tidak lebih dari 10,000feet.

Dan apabila tekanan dalam cabin bocor yang mengakibatkan tekanan dalam cabin berkurang maka dengan sendiri nya tabung oksigen penumpang akan terbuka dan alarm horn dalam cockpit menyala. Ini langsung bisa disadari oleh pilot untuk segera mengurangi ketinggian menuju paling tidak 10.000kaki diatas permukaan laut. Karena itu anda tidak perlu risau tentang perbedaan tekanan lagi bukan pada saat naik pesawat 😀

Advertisements

0 Responses to “Cabin pressurization”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s


March 2011
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Top Rated

Top Rated

Blog Stats

  • 106,974 hits
Advertisements

%d bloggers like this: