18
Mar
11

Need a Real Good Trader

Oke sebelum membaca sebenarnya artikel ini tidak begitu penting cuma sedikit curhatan hati seorang mantan trader yang sekarang sedang berjuang untuk mengejar cita-cita sejak kecil yaitu PILOT. Saya menghabiskan setidaknya 4 tahun didunia financial,trading tepatnya. Dan tidak kurang sekitar hampir 200juta uang orang tua sudah saya habis kan untuk bergerak di bidang tersebut dan sampai sekarang saya belum bisa mengembalikannya.

Sebenarnya saya sudah menemukan metode untuk trading yang benar,dan percaya atau tidak saya pun sudah bisa men-track profit berkisar 40-50% dari modal. And believe me,its not easy to find that method. Kekurangan dari methode itu adalah anda harus terus memantau pergerakan market dari mulai jam 14.00wib sampai dengan jam 21.00. Karena methode ini bukan 100% akurat tidak pernah loss melainkan suatu probality dimana kemungkinan menang lebih besar daripada kemungkinan untuk loss.

Ya,saya memang sedang membutuhkan seorang trader. Tapi tidak sekedar trader biasa!! Saya membutuhkan seorang trader yang benar-benar mengerti trading bukan market. Apa bedanya?? Jelas sangat beda. Banyak trader (setidaknya orang yang mengaku trader) yang tidak mengerti dasar-dasar trading namun terlalu banyak bicara tentang market. Simple saja,trading hanya mempunyai 3 pondasi utama,yang jika anda pegang ketiganya maka anda mempunyai kemungkinan profit lebih besar daripada kemungkinan loss.

3 Pondasi tersebut adalah:

1.Money Management

Disini,trader harus menghitung terlebih dahulu berapa uang yang harus diperdagangkan,uang yang toleransi untuk kekalahan (artinya trader harus bisa memutuskan untuk berhenti STOP trading pada saat batas toleransi sudah dilewati)

2. System trading

System trading tidak ada yang sempurna,kalau emang ada orang yang berani mengklaim bahwa dia menemukan system trading yang sempurna yang tidak akan kalah maka hampir dipastikan orang tersebut adalah bohong. Even warren buffet can predict the market. System itu harus mempunyai kemungkinan profit-loss sebesar 70-30 dan mempunyai batas take profit – stop loss sebesar 2:1

3. Psikologi trading

psikologi trading disini adalah orang yang mengerti kapan dia harus mundur dari market dan kapan dia harus maju ke market. Kebanyakan orang justru terpuruk karena kemaruk (greed) pada saat menunggu profit dan ketakutan (fear) pada saat harus menerima kenyataan bahwa ia harus cut loss.

Sebenarnya tidak terlalu ribet untuk menemukan orang yang seperti itu atau tidak terlalu harus pintar dan cemerlang. Yang saya butuhkan adalah orang yang SABAR. Loh kok sabar?? Yup,kebanyakan dari trader yang GAGAL adalah orang yang tidak sabar. Tidak sabar untuk menempuh waktu untuk belajar,tidak sabar untuk menunggu kesuksesan,tidak sabar untuk benar-benar bisa membaca market.

Manusiawi sebenarnya jika setiap manusia ingin cepat kaya,tapi satu hal yang pasti. Theres no short cut my friend,specially for success

Advertisements

0 Responses to “Need a Real Good Trader”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


March 2011
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Top Rated

Top Rated

Blog Stats

  • 117,330 hits
Advertisements

%d bloggers like this: