24
Mar
11

Flying School

Mahal! Mungkin itu yang ada di kepala kita jika kita memikirkan untuk mengambil sekolah di flying school. Hanya kaum menengah keatas saja yang mungkin bisa mengikuti sekolah penerbangan di Indonesia. Karena untuk sekolah di flying school, biaya yang dikeluarkan tidak tanggung-tanggung,bisa mencapai angka ratusan juta. Bahkan ada salah satu sekolah yang mempunyai biaya hampir setengah Miliar rupiah.

Sampai detik ini mungkin hanya STPI curug yang menyediakan pendidikan gratis untuk penerbang maupun teknisi aviasi,selebihnya sekolah penerbangan di Indonesia adalah berbayar atau menggunakan biaya sendiri. Di curug sendiri pertahunnya bisa menghasilkan sekitar 60-100 pilot. Angka ini masih sedikit dibanding dengan kebutuhan perusahaan penerbangan akan crew khususnya pilot.

Tapi untuk menarik minat orang terjun ke dunia aviasi,flying school tidak ambil pusing. Karena sekarang banyak dari flying school yang mengeluarkan beasiswa dengan kompensasi kontrak beberapa tahun. Ambil contoh BIFA,sekolah yang bertempat di buleleng,BALI utara. Mereka mengeluarkan sistem student loan ke bank CIMB niaga. Jadi para siswa bisa meminjam uang dengan bunga tertentu dan setelah lulus untuk diambil oleh perusahaan penerbangan (Garuda/Airasia),maka tiap bulannya akan dipotong gaji sebesar uang pinjamannya plus bunga.

Adapun flying school aeroflyer yang bekerja sama dengan penerbangan Batavia airline,pun mengeluarkan beasiswa dimana siswa tersebut jika sudah lulus maka akan terikat kontrak dengan Batavia Airline selama beberapa tahun kedepannya. Masih banyak lagi flying school yang menawarkan beasiswa dengan kompensasi kontrak beberapa tahun untuk mengabdi di flying school.

Menjamur nya Flying school dengan berbagai macam penawaran beasiswa membuat orang tertarik untuk terjun ke dunia aviasi ini. Ini merupakan tanggapan positif mengingat sekarang banyak perusahaan penerbangan di Indonesia menggunakan pilot asing yang mungkin incomenya bisa berkali-kali lipat dibangding income pilot Indonesia. I wonder why ?? 😀

Advertisements

3 Responses to “Flying School”


  1. 1 Martin
    February 21, 2012 at 12:25 pm

    permisi saya mau tanya , mengenai student loan.
    kalau ngambil student loan itu berarti kita bayarnya brp ?
    dan apa ada batas maksimal pengembaliannya ?

  2. September 12, 2013 at 3:51 am

    Selamat siang, saya tertarik dengan masalah student loan tadi, dan mau tanya-tanya lebih lanjut. Apa mas atau mbak punha email yang bisa saya hubungi? Terimakasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


March 2011
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Top Rated

Top Rated

Blog Stats

  • 114,967 hits
Advertisements

%d bloggers like this: