Archive for April, 2011

29
Apr
11

Cumolonimbus

Kalau ditanya setiap penerbang entah ia masih siswa flying school atau sudah senior captain bar 4 sekalipun,type awan manakah yang paling mengerikan? Pasti jawabnya adalah type awan cumulonimbus. Yup,jangan meremehkan awan jika anda seorang penerbang,karena ternyata awan jenis inilah yang paling ditakutkan oleh tiap penerbang. Awan cumulonimbus bisa mempunyai ketinggian hampir 75.000 feet dari ceiling bawahnya. Awan jenis ini lah yang memproduksi dari mulai Lighting atau petir,hujan deras,windshear sampai hail atau bongkahan es (sebesar bola baseball).

Awan cumulonimbus bisa berdiri sendiri atau bisa ikut barisan dengan awan-awan cumulus dan yang lebih menyeramkan lagi awan cumulonimbus bisa membentuk barisan dengan awan cumulonimbus lainnya (biasanya didaerah low pressure). Awan cumulonimbus mempunyai 3 stage dalam pembentukannya.

Stage pertama,adalah pembentukan atau towering. Sebenarnya awan cumulonimbus berasal dari awan cumulus yang kemudian membesar secara vertikal menjadi awan cumulonimbus yang hampir menyerupai sebuah jamur. Pada stage ini biasanya ditandai dengan panasnya dipermukaan darat sehingga membuat aliran udara panas naik ke udara.

Stage Kedua,bisa disebut Mature (dewasa). Yup dewasa bisa diartikan bahwa pada stage ini awan cumulonimbus sudah ada difase dimana didalam awan tersebut tersimpan uap air yang banyak,lighting,dan juga hail. Dalam stage ini di dalam awan cumulonimbus aliran udara panas dan aliran udara dingin naik turun secara acak .Bayangkan jika anda pesawat masuk ke awan tersebut,yang pasti melintir dengan sukses 🙂

Stage Ketiga adalah dessipating. Pada stage ini bisa dikatakan bahwa awan cumulonimbus sudah “pecah”. Biasa nya ditandai oleh ujan deras dan petir. Untuk penerbang stage dessipating ini juga fase yang mengerikan,karena jika awan cumulonimbus “pecah” disekitar runway atau landasan,dapat menghasilkan windshear atau microburst yang mengakibatkan kecelakaan (pesawat lockheed pada airport Dallas tahun 1985).

Tapi untuk windshear,pada boeing 737-800NG dilengkapi system EGPWS (Enhanced Ground Proximity Warning System) yang bisa mendeteksi adanya windshear dan cuaca buruk. So jika ada awan cumulonimbus atau windshear,jika anda seorang penerbang,ya hanya satu,yaitu : ……….. kabuuuuurrrr !! 😀

Advertisements
23
Apr
11

Fuel System Boeing 737-800NG

Pada boeing 737-800NG fuel system terbagi atas 2 bag yaitu main tank (primer tank) dan center tank. Main tank terdapat di bagian kedua wing dan center tank terdapat pada bagian fuselage pesawat itu sendiri. Main tank untuk boeing 737-800NG mempunyai kapasitas 3915kg,sedangkan pada bagian center tank mampu menampung sampai 13066kg. Dengan fuel burn atau fuel consumption 3200liter nya. Untuk tempat refuel nya terdapat di bagian bawah wing kanan.

Panel fuel pada cockpit bisa ditemukan pada forward left overhead. Fuel untuk APU,juga diatur di panel fuel tersebut. Panel ini mengatur ke 6 pompa pada system fuel yaitu 2 pompa center tank dan 4 pompa main tank (2 pompa forewad main tank dan 2 pompa aft main tank). Pada system fuel terdapat check valve,berguna untuk mencegah fuel kembali ke tank. Pompa center tank 1 serta pompa forward dan aft 1 bertugas untuk mengalir kan fuel untuk engine no 1 begitu pula dengan pompa center tank 2,forward dan aft pompa bertugas mengalir kan fuel ke engine no2.

Pada system dilengkapi crossfeed valve yang bertugas untuk mengcross aliran fuel dari main tank no 2 ke engine no 1 (biasanya pada engine fail yang mengakibatkan imbalance pada tanki fuel). Pengaturan crossfeed fuel diatur pada Suplement procedure. Sebelum masuk ke chamber combustion,fuel harus melalui 2 valve yaitu Engine valve dan spar valve. Valve ini diatur pada engine start lever yang merupakan area resposibility captain pada posisi stationery (ground)

Fuel itu sendiri mempunyai maksimum dan minimum temperatur,besar minimum temperatur untuk fuel adalah -43C dan untuk maksimum temperatur adalah 49C. Pengaturan tentang banyaknya fuel diatur masing-masing company airline. Pada Garuda Indonesia,fuel policy dapat anda temukan pada BOM (Basic Operating Manual). Untuk ukuran sebuah perusahaan penerbangan Fuel memang sangat riskan karena berhubungan langsung dengan profit atau tidak nya suatu perusahaan penerbangan.

21
Apr
11

Selamat Hari Kartini ….

Kartini,namanya mengumandang tatkala tanggal 21 April dilewati. Semua dari mulai media cetak maupun media elektronik membahas tentang Kartini zaman sekarang. Yap Kartini memang luar biasa,disaat para wanita tunduk pada kekuasaan lelaki,beliau justru mau membuktikan bahwa wanita bisa disejajar kan para pria. Namun apa benar sekarang sudah jamannya wanita bisa disejajar kan oleh para pria. Ato sudah kah anda para wanita yakin bahwa anda bisa sejajar dengan kaum lelaki ???

Bagi saya wanita adalah luar biasa! Seperti kata anand krishna (disalah satu acaranya) bahwa sebenarnya Emansipasi wanita adalah penghinaan terbesar bagi wanita. Anda mungkin yang para wanita bingung atau bahkan marah dengan pernyataan beliau. Tapi saya sangat setuju dengan pendapat beliau bahwa sebenarnya wanita tidak bisa dan tidak akan bisa disamakan dengan para lelaki !! Karena sesungguhnya wanita TIDAK PERNAH dibawah lelaki. Justru wanita adalah makhluk paling mulia dan selalu diatas lelaki.

Dari segi apapun wanita selalu unggul dibanding lelaki,dengan air matanya wanita harus bisa tahan dan kuat sembari tidak pudarnya rasa kasih sayang. Dengan kekuatannya,wanita bisa membawa beban seberat 3-5kg dalam perut nya yang menjadikannya seorang bayi. Dengan doanya,tubuh wanita dapat menghasilkan air susu yang merupakan bahan makanan calon pemimpin. Dan dengan segala sabarnya dia mengurus anak dan mendidik nya agar kelak anaknya menjadi anak yang budi. Lalu dari mana asalnya pemikiran bahwa lelaki adalah makhluk lebih kuat dari pada seorang wanita??

Coba saja berikan seminggu dalam sebulan “haid” pada seorang lelaki,yang pasti bakal guling-guling dan menangis menahan perihnya haid 😀 atau berikan beban pada perutnya yang dibawa tidur,mandi,kerja,naik angkot bahkan buang air besar. Atau lebih lagi,berikan 1minggu dirumah untuk mengurus anak dari mulai masak,mengurus rumah sampai meniduri anak-anaknya. Pernyataan saya bukan mengecilkan peran ayah dalam rumah tangga,namun bisa dilihat bahwa sebenarnya wanita mempunyai power yang sangat luar biasa yang mungkin hanya sebagian wanita yang mengetahuinya.

Jadi wajar saja saya menilai bahwa wanita tidak PANTAS untuk disamakan dengan pria karena secara logika maukah anda yang juara 1 lalu berseru bahkan berteriak bahwa anda ingin disejajar kan dengan nomer 2 😀 ?? sangat lucu bukan?? Wahai para Kartini muda,anda adalah makhluk KUAT,anda adalah makhluk paling INDAH yang pernah diciptakan oleh TUHAN,so masih berpikir untuk menyamakan peran dengan lelaki 😀

16
Apr
11

Serba-serbi sopir Jemputan

Perjalan lalu menuju tempat simulator,karena bosan dan sepi di mobil. Terbesit pikiran untuk cari bahan omongan dengan sang sopir jemputan.

Saya   : pak,kalo rumahnya jauh biasanya 2jam sebelumnya udah di rumah captain ya ???

Sopir  : Yah,tergantung juga rumahnya dimana,waktu itu saya pernah juga report time nya tinggal setengah jam lagi.

Saya   : Wuah bisa telat donk?? Pasti udah kaya pembalap tuh ya dijalan tol.

Sopir : Iya tabrakan lagi saya mas waktu itu tol dalam kota daerah grogol

Saya  : waduh gimana tuh ??

Sopir : untungnya yg saya tabrak FO ama pacarnya dan mobilnya juga udah diasuransiin jadi dia bilang ga papa.

Saya  : kena apanya pak??

Sopir : dia kena bemper belakang,saya nya kena bag depan. Penyok trus kena radiatornya juga mas

Saya  : Trus gimana?? Lanjut ???

Sopir : Ya iyalah,uda telat gt mas. Tapi sepanjang jalan saya liatin itu indikator mesinnya. Saya takut mesinnya OVERHEAD aja .

-________________-”   maksud bapak overheat kali ya pak ????

16
Apr
11

Serba-serbi Captain ….

Sehabis saya prof check untuk licence boeing 737-800 NG,maka selanjutnya ada 2 sesi simulator lagi yaitu: matrix dan circuit. Jam 10 pagi WIB instruktur saya datang,dengan tampang sedikit serius dia melihat progress file saya dan patner tandem saya. tidak lebih dari jam 11 pagi kita sudah berada di ruang simulator.

Untuk circuit jet engine diharuskan maintain 1500 feet untuk downwind,dan decent base leg dilanjutkan ke posisi final. Karena kurang pengalaman dalam jet engine,seperti biasa untuk maintain 1500ft perlu waktu untuk membiasakan diri pitch dan thrust nya.

Instruktur      : maintain 1500 ft

Tandem saya : siap capt!

Instruktur       : maintain donk 1500ft,kok maintain 1600ft sih

Tandem saya  : Siap capt!!

Instruktur       : Kamu bisa maintain 1600ft kenapa ga bisa maintain 1500 ft ?? …..

Dengan pelan tandem saya sambil menunjukan altimeter sang captain

Tandem saya  : Capt,QNH nya beda …

Instruktur        : Emg berapa?? 1013 kan ??

Tandem saya   : bukan capt,1010 …..

Instruktur         : oooo …..

Pantes beda     -_____________-“

02
Apr
11

Flight time

Bagaimana cara mendeteksi umur pesawat ?? Atau bagaimana mendeteksi seberapa pengalaman nya pilot suatu pernerbangan itu sendiri ?? Sebenarnya mendeteksi umur pesawat bukan pada lamanya pesawat itu dari mulai selesai diproduksi sampai hari ini,melainkan dilihat dari jam terbang atau airbone time yang dicatat oleh pilot itu sendiri.  Sama hal nya kaya mobil,jika anda punya mobil dengan tahun pembelian lama,tapi jarang sekali dipakai. Karena itu lebih akurat jika menghitung dari berapa kilometer mobil itu sudah berjalan.

Airbone time adalah jam terbang yang dihitung setelah pesawat itu lepas landas atau take-off dan berhenti pada saat pesawat telah landing. Airbone time ini sangat berguna sekali untuk para teknisi atau maintenance pesawat terbang. Dengan data airbone time ini maka mereka bisa menilai part mana saja dari pesawat itu yang harus diganti atau di overhaul.

Begitu pula flight time,jam terbang ini memegang peranan penting juga dalam penerbangan khususnya untuk karir sang penerbang itu sendiri. Dengan flight time itu sendiri,kita bisa menilai seberapa pengalamannya sang penerbang,bahkan jika seorang penerbang ingin meng-upgrade menjadi captain atau berpindah ke aircraft jenis wide-body,maka jam terbang ini lah yang menjadi parameter layak atau tidaknya penerbang tersebut untuk ke sana.Flight time atau jam terbang dihitung pada saat pesawat tersebut akan memulai taxi sampai pesawat itu masuk kembali ke terminal dan pasang parking brake.




April 2011
M T W T F S S
« Mar   May »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Top Rated

Top Rated

Blog Stats

  • 115,984 hits
Advertisements