24
Jan
12

Agama adalah seni

Agama adalah seni ??? wuaduh bisa-bisa disobek-sobek muka saya kalau berbicara secara vulgar seperti itu. Namun pada hakikatnya agama memang suatu topik bahasan yang sangat sensitif dan tidak akan pernah habisnya untuk didiskusikan. Saya pernah baca dari sebuah buku yang memang dibuat dari seorang blogger. Beliau membahas tentang puisi,apakah puisi itu suatu prosa yang memang tidak terlalu terbuka maknanya. Bahkan tidak ada satu badan pun yang bisa mengklaim bahwa mereka bisa mengartikan sebuah puisi.

Bahkan jika puisi itu dipentaskan dihadapan 100 orang,niscahya 100 orang itu akan membawa makna sendiri-sendiri pulang kerumah mereka. Lalu bagaimana dengan sebuah agama???  Sebenarnya bagi saya agama tidak harus dijadikan keyakinan yang kita bela sampai mati JIKA kita sadar bahwa kebenaran muntlak bukan berasal dari manusia melainkan berasal dari Yang Maha Kuasa.  Kita sendiri belum pernah bertemu langsung dengan Yang Maha Kuasa,lantas kekuatan macam apa yang memperbolehkan kita menentukan bahwa makna terkandung dari kitab suci adalah yang seperti kita pikirkan???

Agama adalah seni,seni menginterprestasikan bahasa Yang Maha Kuasa. Tiap-tiap individu sebenarnya berhak untuk mengartikan menurut pemahaman pribadinya bukan untuk orang lain melainkan untuk diri sendiri. Karena agama bersifat seni,maka tidak lah etis jika kita menggunakan atau menjalankan ajarannya dengan hanya menggunakan logika tok. Dan tiap-tiap agama memang diturunkan bukan hanya untuk suatu jaman saja,melainkan untuk semua jaman. So jika anda berpikir bahwa agama adalah seni yang tidak akan habis dimakan jaman maka 1 tingkat kesadaran dalam diri anda sudah terlalui.

Namun jika anda masih berpikir bahwa anda berpikir bahwa agama adalah sesuatu yang muntlak dan harus dibela sampai mati. berarti kita hanya lingkungan kita saja yang bergerak maju,tapi tidak dengan pemikiran dan hidup kita 😀

Advertisements

0 Responses to “Agama adalah seni”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: