Archive for the 'Gado Gado' Category



20
Oct
11

Inflasi … episode 1

Inflasi ?? ada yang tahu kata ini ?? mungkin bagi sebagian kita dengan umur produktif alias 25-55 tahun kadang suka tahu nga tahu juga dengan kalimat ini. Yang kita pikirkan adalah kerja,dapat gaji,hang out,kerja lebih keras lagi,naik jabatan,gaji lebih gede,nikah,punya anak trus ya gitu aja dech !! πŸ˜€ Β Yes,sekali-kali mungkin anda perlu berpikir kenapa harga-harga makin melambung. Harga apa aja,dari mulai makanan,baju atau barang-barang lainnya. Nah kenaikan barang-barang itu dikarenakan oleh inflasi.

Kalau kata buku ekonomi,inflasi didefinisikan bahwa uang yang beredar lebih banyak daripada yang ada di lembaga keuangan. Plus ditambahnya kurang produktif nya barang-barang kebutuhan. Sebenarnya produktifitas barang tidak terlalu menjadi faktor utama inflasi. Nah dari definisi ekonomi inilah bisa ditarik kesimpulan bahwa kita manusia produktif (25-55tahun) jarang adanya kesadaran utama untuk menyimpan uang kita di lembaga keuangan. Malah kita lebih suka untuk membeli barang-barang konsumtif yang mungkin kita beli cuma demi life style.

Contoh nya adalah teman saya katakan Mrs.R (siapapun dirimu,saya berharap kamu bertobat :D) doi ini kalau saya lihat memiliki kebiasaan konsumtif dan yang paling parah nya adalah menggunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan konsumtif nya. Kalau ditanya tentang “gimana kala lo taro duit lo untuk tabung ato cari produk investasi gitu” . Pasti dengan lantang jawabannya “Lo kan enak,gajinya gede”

Permasalahannya adalah bukan pada teman saya,tapi banyaknya orang-orang di Jakarta yang umur produktif yang hampir sama dengan tabiat itu. Kalau anda baca buku ligwina,mungkin sangat ngeh dengan prihatin saya. Bahwa kadang umur-umur produktif,kita malah minta bantuan orang tua kita yang non-produktif lagi jika sudah kejebak masalah uang buat nikah,rumah atau sekolah anak.

Inflasi bukannya jelek,justru sebaliknya jika anda tahu bagaimana menggunakan inflasi untuk lebih meningkatkan keuangan anda dikemudian hari nya. Tapi ini harus dimulai dengan TABIAT konsumtif anda terlebih dahulu. Jika anda masih belum punya rencana keuangan yang SIMPLE atau anda hanya hidup dengan tabiat :kerja,dapet gaji,hang out,pake kartu kredit,lalu pusing tagihan dibulan kemudian dan LUPAKAN semua yang saya tulis dan kembali ke kehidupan biasanya πŸ˜€ pilihan di tangan anda πŸ˜€

Advertisements
21
Apr
11

Selamat Hari Kartini ….

Kartini,namanya mengumandang tatkala tanggal 21 April dilewati. Semua dari mulai media cetak maupun media elektronik membahas tentang Kartini zaman sekarang. Yap Kartini memang luar biasa,disaat para wanita tunduk pada kekuasaan lelaki,beliau justru mau membuktikan bahwa wanita bisa disejajar kan para pria. Namun apa benar sekarang sudah jamannya wanita bisa disejajar kan oleh para pria. Ato sudah kah anda para wanita yakin bahwa anda bisa sejajar dengan kaum lelaki ???

Bagi saya wanita adalah luar biasa! Seperti kata anand krishna (disalah satu acaranya) bahwa sebenarnya Emansipasi wanita adalah penghinaan terbesar bagi wanita. Anda mungkin yang para wanita bingung atau bahkan marah dengan pernyataan beliau. Tapi saya sangat setuju dengan pendapat beliau bahwa sebenarnya wanita tidak bisa dan tidak akan bisa disamakan dengan para lelaki !! Karena sesungguhnya wanita TIDAK PERNAH dibawah lelaki. Justru wanita adalah makhluk paling mulia dan selalu diatas lelaki.

Dari segi apapun wanita selalu unggul dibanding lelaki,dengan air matanya wanita harus bisa tahan dan kuat sembari tidak pudarnya rasa kasih sayang. Dengan kekuatannya,wanita bisa membawa beban seberat 3-5kg dalam perut nya yang menjadikannya seorang bayi. Dengan doanya,tubuh wanita dapat menghasilkan air susu yang merupakan bahan makanan calon pemimpin. Dan dengan segala sabarnya dia mengurus anak dan mendidik nya agar kelak anaknya menjadi anak yang budi. Lalu dari mana asalnya pemikiran bahwa lelaki adalah makhluk lebih kuat dari pada seorang wanita??

Coba saja berikan seminggu dalam sebulan “haid” pada seorang lelaki,yang pasti bakal guling-guling dan menangis menahan perihnya haid πŸ˜€ atau berikan beban pada perutnya yang dibawa tidur,mandi,kerja,naik angkot bahkan buang air besar. Atau lebih lagi,berikan 1minggu dirumah untuk mengurus anak dari mulai masak,mengurus rumah sampai meniduri anak-anaknya. Pernyataan saya bukan mengecilkan peran ayah dalam rumah tangga,namun bisa dilihat bahwa sebenarnya wanita mempunyai power yang sangat luar biasa yang mungkin hanya sebagian wanita yang mengetahuinya.

Jadi wajar saja saya menilai bahwa wanita tidak PANTAS untuk disamakan dengan pria karena secara logika maukah anda yang juara 1 lalu berseru bahkan berteriak bahwa anda ingin disejajar kan dengan nomer 2 πŸ˜€ ?? sangat lucu bukan?? Wahai para Kartini muda,anda adalah makhluk KUAT,anda adalah makhluk paling INDAH yang pernah diciptakan oleh TUHAN,so masih berpikir untuk menyamakan peran dengan lelaki πŸ˜€

26
Mar
11

Cowo Masak ??? ….

Pernah kah kepikiran anda para kaum adam untuk masak??? Mungkin bagi sebagian kaum adam,olahraga basket atau futsal atau gym lebih keliatan lebih macho dari melakukan kegiatan masak,namun tidak bagi kaum hawa. Hampir sebagian besar dari teman saya khususnya kaum hawa bilang bahwa mempunyai pasangan yang bisa memasak merupakan nilai tambah yang sangat besar bagi mereka. Mereka bilang “sexy lagi ton,klo cowo bisa masak” atau “Romantis kan bisa bikin candle lite dinner” tapi ada juga yang tanggepannya “bagus,kan jadi gw klo jadi istri dia ga perlu belajar masak” (itu mah elo nya aj yang males).

Saya emang dari dolo pengen banget belajar masak,mungkin terinspirasi oleh film-film hollywood dimana seorang cowo tinggal di new york dan punya apartement sendiri,punya gadget (xbox,ps3) dengan layar TV gede, dan bisa MASAK. Terlihat sangat mudah kalau dikuti cerita film itu tapi biasanya praktek untuk masaknya yang hadeh! ribet banget.

Sampai detik ini mungkin nasi goreng dan indomie doank yang bisa saya masak,dan 1 lagi mungkin telor πŸ˜€ selebihnya nihil. Emang kemarin ada tawaran kursus kilat dari seorang teman (kakak dari mbak irma djohan) yang khusus membuka open kitchen dengan menu masakan yang telah disiapkan. Tapi sayang nya saya masih dalam proses IPT. Mungkin saya harus benar-benar niat untuk meluangkan 1hari untuk masak. Masakan yang paling mudah untuk dibuat mungkin adalah sushi tapi sayangnya bahan dari sushi itu sendiri sangat sukar didapat.

Menurut info bahan yang paling sukar didapat adalah daging ikan nya itu sendiri,karena daging ikan untuk sushi tidak sama dengan daging ikan biasanya. Namun dimana ada niat disitu ada jalan bukan,saat nya mimpi dan keinginan saya harus menjadi kenyataan. Saya harus bisa MASAK !!

18
Mar
11

Need a Real Good Trader

Oke sebelum membaca sebenarnya artikel ini tidak begitu penting cuma sedikit curhatan hati seorang mantan trader yang sekarang sedang berjuang untuk mengejar cita-cita sejak kecil yaitu PILOT. Saya menghabiskan setidaknya 4 tahun didunia financial,trading tepatnya. Dan tidak kurang sekitar hampir 200juta uang orang tua sudah saya habis kan untuk bergerak di bidang tersebut dan sampai sekarang saya belum bisa mengembalikannya.

Sebenarnya saya sudah menemukan metode untuk trading yang benar,dan percaya atau tidak saya pun sudah bisa men-track profit berkisar 40-50% dari modal. And believe me,its not easy to find that method. Kekurangan dari methode itu adalah anda harus terus memantau pergerakan market dari mulai jam 14.00wib sampai dengan jam 21.00. Karena methode ini bukan 100% akurat tidak pernah loss melainkan suatu probality dimana kemungkinan menang lebih besar daripada kemungkinan untuk loss.

Ya,saya memang sedang membutuhkan seorang trader. Tapi tidak sekedar trader biasa!! Saya membutuhkan seorang trader yang benar-benar mengerti trading bukan market. Apa bedanya?? Jelas sangat beda. Banyak trader (setidaknya orang yang mengaku trader) yang tidak mengerti dasar-dasar trading namun terlalu banyak bicara tentang market. Simple saja,trading hanya mempunyai 3 pondasi utama,yang jika anda pegang ketiganya maka anda mempunyai kemungkinan profit lebih besar daripada kemungkinan loss.

3 Pondasi tersebut adalah:

1.Money Management

Disini,trader harus menghitung terlebih dahulu berapa uang yang harus diperdagangkan,uang yang toleransi untuk kekalahan (artinya trader harus bisa memutuskan untuk berhenti STOP trading pada saat batas toleransi sudah dilewati)

2. System trading

System trading tidak ada yang sempurna,kalau emang ada orang yang berani mengklaim bahwa dia menemukan system trading yang sempurna yang tidak akan kalah maka hampir dipastikan orang tersebut adalah bohong. Even warren buffet can predict the market. System itu harus mempunyai kemungkinan profit-loss sebesar 70-30 dan mempunyai batas take profit – stop loss sebesar 2:1

3. Psikologi trading

psikologi trading disini adalah orang yang mengerti kapan dia harus mundur dari market dan kapan dia harus maju ke market. Kebanyakan orang justru terpuruk karena kemaruk (greed) pada saat menunggu profit dan ketakutan (fear) pada saat harus menerima kenyataan bahwa ia harus cut loss.

Sebenarnya tidak terlalu ribet untuk menemukan orang yang seperti itu atau tidak terlalu harus pintar dan cemerlang. Yang saya butuhkan adalah orang yang SABAR. Loh kok sabar?? Yup,kebanyakan dari trader yang GAGAL adalah orang yang tidak sabar. Tidak sabar untuk menempuh waktu untuk belajar,tidak sabar untuk menunggu kesuksesan,tidak sabar untuk benar-benar bisa membaca market.

Manusiawi sebenarnya jika setiap manusia ingin cepat kaya,tapi satu hal yang pasti. Theres no short cut my friend,specially for success

12
Mar
11

Komentar Film “The Eagle”

Oke kali ini saya mencoba untuk memberikan komentar tentang film yang baru saya tonton jumat kemarin. Kebetulan sehabis IPT session saya mendapat 3 hari day off,langsung saja berangkat ke bioskop nonton tu film. Karena emang dari minggu kemarin saya uda penasaran dengan film the eagle. Latar belakang jaman koloni Romawi,sebuah legiun IX dari romawi yang kehilangan lambang pasukan Romawi “the eagle” (sebuah elang emas yang selalu dibawa komando dari sebuah pasukan legiun roma). Alhasil kejadian tersebut membuat malu bangsa Romawi saat itu karena “the eagle” merupakan lambang kehormatan dari pasukan legiun Romawi itu sendiri.

Semenjak tersebut Legiun IX yang dikomando oleh Flavius Aquila menjadi momok yang memalukan bangsa Romawi,untuk itu anak dari Flavius Aquila yaitu Marcus Aquila berniat untuk mengembalikan kehormatan bapaknya yang disebut-sebut melarikan diri dan menghilangkan the eagle. Setelah 20 tahun lebih Marcus aquila sudah menjadi komando yang dengan sukarela ditempatkan di British Utara tempat the eagle menghilang guna untuk mencari dimana “the eagle” tersebut.

Oke dari mulai film sampai latar belakang film sangat menjanjikan untuk ditonton bukan,namun akhir dari film tersebut sangat mengecewakan khususnya saya πŸ˜€ . Karena menurut saya ada beberapa kesalahan dari film itu termasuk keadaan yang menurut logika itu sangat sukar untuk di terima. Oke,kesalahan pertama adalah pada saat marcus berhasil mengambil the eagle namun sudah harus berhadapan dengan suku lumpur πŸ˜› . Secara logika adalah bapak nya (Flavius Aquila) saja dengan 5000 pasukan menghadapi suku tersebut keteteran bahkan kalah,mengapa marcus dan seorang budak esca dan beberapa pasukan sisa dari legiun IX yang melarikan diri ke hutan bisa mengalahkan suku yang sama dan MENANG ????

Kedua,ada scene dimana esca meninggalkan Marcus karena marcus sudah tidak bisa berjalan. Muka Marcus pun sudah pucat karena kelelahan kekurangan darah serta letih lari dari suku lumpur tersebut. Namun kenapa pada saat bertarung muka kembali segar dan bersemangat ??? Ketiga pada saat pertarungan berlangsung dimana kedua belah pihak saling membunuh dan membantai,kenapa pada saat pemimpin suku barbar lumpur terbunuh lantas pertarungan langsung selesai??? Bukankah masih banyak pasukan suku barbar lumpur yang masih berdatangan ???

Dan yang terakhir,kenapa tiba-tiba kaki marcus bisa sembuh dan bisa berjalan dengan normal ??? Oke disini saya bukan sok perfeksionis namun COME ON,ga semua film bisa diakhiri dengan happy ending kan?? Dan ga semua jalan sesuai yang anda mau akhiri. Mungkin lebih bagus kalo Marcus mati saat mempertahankan the eagle dan tetap Legiun IX menjadi misteri dari seluruh Legiun pasukan Romawi.

03
Mar
11

The big bang theory

Stop! jangan langsung mengira saya akan membahas tentang awal mula suatu alam semesta ini ya πŸ˜€ . Karena judul diatas saya ambil dari suatu sutkom komedi yang memang sangat lucu. Memang serial sitkom ini baru beberapa bulan saya tonton,sebenarnya serial sitkom ini sudah lama muncul di salah satu tv kabel.

Bercerita kan tentang 4 orang scientis yang “cupu” atau “nerd” yaitu Sheldon Cooper,Leonard Hofstadter, Howard Wolowitz, Raj Koothrappali dan Penny. Sheldon dan Leonard merupakan roommate bersebrangan dengan tetangga wanita cantik dan sexy penny. Sedangkan raj dan howard merupakan teman dekat mereka (sheldon dan leonard) yang juga teman kantor disalah satu sebuah perusahaan peniliti.

Dengan memiliki karakter yang unik dan lucu ini menjadikan serial sitkom ini menarik untuk terus diikuti. Dimulai dari karakter sheldon yang sangat egois,pintar dan aneh πŸ˜€ dibarengin Leonard yang mungkin sedikit normal dan sedikit bisa bersosialisasi dengan orang sekitarnya.

Karakter howard mungkin yang sedikit menarik selalu berusaha menjadi pria yang romantis untuk menarik perhatian wanita (yang 90% tidak berhasil) dan Raj yang mempunyai ras india dan salah satu keunikan karakter Raj adalah dia tidak bisa berbicara atau ngomong dengan wanita cantik. Sedangkan Penny yang merupakan tetangga Sheldon dan Leonard mempunyai karakter wanita cantik dan sexy namun kadang sedikit oon πŸ˜€

Tiap serialnya memberikan cerita yang lucu dan menarik karena pertentangan sebuah karakter yang bertolak belakang dengan watak dan karakter manusia biasanya. Jika anda sedang mencari serial sitkom yang menyegarkan dan mebuat anda tertawa mungkin serial sitkom ini bisa menjadi tontonan menarik.

02
Mar
11

Tracking your expense

Semua pasti cukup! Itu yang selalu saya bilang ke teman-teman saya tentang gaji yang saya dan mereka dapatkan. Ya ya ya memang mereka kadang sangat ngotot bahwa dengan gaji segitu ga mungkin bisa menabung atau sisa di akhir bulan. Pertama nya mungkin saya juga ngotot bahwa itu cukup,tapi pada saat mereka mengeluarkan kalimat sakti “elo sih enak, ….. (disertai alasan tentang kehidupan saya) ” maka saya pun juga males untuk berdebat dengan mereka. Oke bisa jadi tidak cukup untuk sebulan,tapi masa iya gaji yang hampir setara dengan gaji manager rata-rata tidak bisa sisa atau menabung per bulannya ???

Oke daripada berdebat tentang bisa atau tidaknya,cukup atau tidaknya gaji untuk sebulan plus menabung maka saya akan coba untuk memberikan sedikitnya solusi. Cara nya sangat mudah,kebanyakan orang termasuk saya pada saat menerima gaji selalu senang (siapa yang tidak???) mungkin sebagian langsung berubah drastis dari makan biasa warteg mulai berubah jadi junk food (KFC) atau bahkan sushi tei. Sah-sah aja sih untuk makan sushi tei tapi ingat,gaji itu untuk kita makan sebulan penuh bukan untuk seminggu.

Saran saya,agar gaji kita tidak bablas sebelum waktunya adalah :

1. TRACKING PENGELUARAN ANDA

Anda bisa menggunakan buku kas (debet kredit saldo) yang bisa dibeli di gramedia,atau cukup membeli buku biasa tapi anda bagi menjadi 3 dengan penggaris dan bolpen (bagi menjadi 3bagian : debet,kredit,saldo). Lalu catat pemasukan anda (gaji,bisnis) dan pengeluaran anda walaupun untuk parkir (Rp.2000) sekalipun. Ini dimaksud kan agar biaya-biaya sekecil apapun bisa anda track. Anda lakukan selama 1 bulan penuh selama 3 bulan berturut-turut. Maka anda akan mengetahui pengeluaran macam apa yang besar (per bulan) nya.

2. BUATLAH BUDGET PENGELUARAN ANDA PER BULAN

Anda sudah tahu kan bahwa pengeluaran macam apa yang besar per bulannya (saya yakin yang besar pasti dari pengeluaran untuk pacaran atau hang out πŸ˜€ ). Setelah itu buat lah budget anda untuk sebulan,dimulai dari yang penting dahulu seperti listrik,air,transport,tabungan. Dan ingat SELALU membuat budget makan,hang out dan nonton BELAKANGAN. Kenapa? karena untuk budget seperti itu bisa anda tawar,tidak nonton bioskop sebulan ga membuat anda mati kan?? atau tidak hang out bersama teman-teman di cafe tidak membuat anda kehilangan teman kan??

3. BAYAR DIRI ANDA SEBELUM BAYAR ORANG LAIN

Hal ini selalu digembar-gembor kan oleh R.kiyosakhi dan Donad Trumph. Mereka kaya karena mereka membayar diri mereka sendiri sebelum orang lain. Contoh membayar diri sendiri adalah menabung atau menyisihkan sebagian gaji anda untuk investasi. Banyak dari teman saya langsung esmosi atau ngotot “mana cukup kalo gitu” πŸ˜€ . Dari situ robert kiyosakhi berbicara bahwa dalam keadaan tidak cukup itulah maka anda akan dilatih Financial intelligence anda. Anda hanya punya 2 pilihan : mengurangi pengeluaran anda yang tidak penting atau menambah penghasilan (ini yang terbaik)

4. SEMUA PASTI BISA

“Ah ga bisa,ga mungkin bisa,uda dicoba tapi ga berhasil” saya udah sering banget denger kata-kata itu dari teman-teman saya. Sebenarnya yang ada bukan bisa atau tidak tapi mau atau tidak mau. Mau kah anda untuk lari pagi di lapangan daripada pergi ke gym? Maukah anda untuk tidak hang out terlalu sering dengan teman di cafe? Maukah anda untuk Makan direstorant pada AKHIR BULAN setelah anda mengira bahwa masih ada sisa setelah menyisihkan tabungan dan investasi pada saat dapat gajian ?? Β pilihan di anda πŸ˜€




September 2018
M T W T F S S
« Aug    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Top Rated

Top Rated

Blog Stats

  • 108,651 hits
Advertisements